Panduan Memilih Paket hosting yang Terbaik

Panduan Memilih Paket hosting yang Terbaik - untuk membuat website yang profesional yang harus anda perhatikan salah satunya adalah hosting. Jika anda belum tahu apa itu hosting, Anda bisa baca di artikel saya Apa itu Domain dan Hosting. Penting bagi Anda untuk untuk mengetahui berapa kebutuhan hosting web Anda dan dimana Anda akan menyewa hosting tersebut. Hosting diyakini besar pengaruhnya terhadap SEO. Masalahnya, dalam memilih paket hosting bukanlah suatu yang mudah, terutama bagi yang masih awam tentang hosting.

Panduan Memilih Paket hosting yang Terbaik

Untuk itu, saya ingin berbagi panduan memilih paket hosting yang terbaik, mungkin beberapa tips dibawah ini berguna untuk Anda :

1. Tentukan besar space hosting yang dibutuhkan

Jika website Anda merupakan website baru, maka kapasitas hosting yang diperlukan tidaklah sebesar existing website / website lama. Biasanya untuk website baru hanya membutuhkan ruang/space kurang dari 200 MB saja, akan tetapi jika anda menggunakan banyak gambar serta video, maka Anda mungkin memerlukan space yang lebih besar lagi seperti jika Anda membangun website toko online. Perlu dipertimbangkan pula untuk jangka panjang, jika website anda terus tumbuh dengan baik, maka tentunya anda membutuhkan space hosting yang jauh lebih besar.

Baca juga: Kenapa Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id ?

2. Dukungan bahasa pemrograman yang digunakan.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya, yaitu support bahasa pemrograman yang Anda gunakan. Jika website Anda menggunakan bahasa PHP, PERL atau platform CMS dan sebagainya untuk membuat website Anda, maka Anda perlu memastikan bahwa paket hosting yang Anda pilih mendukungnya.

3. Perkirakan kebutuhan transfer data

Yang ketiga, perlu Anda perhatikan kebutuhan transfer data. Untuk mengetahuinya, bisa menggunakan rumus sederhana, yaitu ukuran halaman x (kali) jumlah tampilan perbulan. Misalnya, Anda memiliki tampilan halaman 2000 tampilan/bulan dengan 1 MB/tampilan, maka kebutuhan bandwith/bulan adalah 2000MB. Perlu diketahui bahwa 1 tampilan tidak selalu sama dengan 1 kunjungan karena terkadang 1 kunjungan terdiri dari beberapa tampilan halaman.

4. Banyaknya domain yang akan digunakan

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan jumlah domain yang ingin Anda gunakan pada hosting tersebut. Jika anda ingin memiliki beberapa domain yag disimpan pada hosting yang sama, pastikan supaya hosting tersebut dapat melakukan hal itu. Anda dapat melihat detail paket hosting yang disediakan di webnya atau langsung menghubungi penyedia hosting.

5. Cek Review pelanggan

Cara ini dapat memudahkan Anda untuk mengetahui penyedia web hosting mana yang terbaik. Komentar dari pengguna lain bisa memberikan anda informasi objektif terhadap penyedia hosting yang akan Anda pilih. Anda dapat memanfaatkan mbah google atau forum-forum tentang teknologi informasi untuk mendapatkan informasi tentang review pelanggan.

Pada tahap ini Anda akan menggunakan sebagian waktu Anda untuk meneliti mana hosting yang baik atau buruk, karena jika anda salah memilih penyedia web hosting, maka bisa saja bisnis Anda akan hancur.

6. Jangan terjebak dengan Unlimited

Jika Anda melihat berbagai paket hosting, tentunya Anda akan menemui istilah "Unlimited Bandwidth" atau "Unlimited Space". Eits, jangan terkecoh dengan istilah ini, karena pada dasarnya semua resource memiliki batasan, termasuk kapasitas bandwidth maupun space hosting. Jadi, yang dimaksud unlimited disini maksudnya adalah Anda berhak menggunakan fasilitas space atau bandwidth secara tak terbatas sesuai spesifikasi hardware server dan sesuai kebijakan masing-masing penyedia hosting.

7. Lokasi server

Langkah selanjutnya, dengan menentukan lokasi server yang Anda pilih. Sebelum itu, tentukan siapa target market Anda? pengunjung lokal atau luar negeri? Mungkin Anda perlu tahu, lokasi server yang ditawarkan oleh para penyedia hosting sangat beragam, antara lain:

- Hosting IIX = lokasi server berada di Indonesia
- Hosting USA = lokasi server berada di USA
- Hosting SG = lokasi server berada di Singapore
- Hosting EU = lokasi server berada di Eropa

Idealnya, semakin dekat lokasi server dengan pengunjung website, maka kecepatan proses/load website akan lebih cepat bagi pengunjung. Namun, kecepatan server tidak hanya dipengaruhi oleh lokasi tetapi juga faktor lain seperti spesifikasi hardware server. 

Itulah beberapa tips yang perlu anda ketahui ketika ingin menyewa sebuah web hosting untuk website anda. Jangan lupakan juga budget yang Anda miliki untuk menyewa hosting.
Untuk hosting indonesia juga banyak yang bagus dan murah,  tetapi dari dari sekian banyak penyedia hosting murah di indonesia, yang memiliki market sharing paling besar dan terkenal adalah Masterweb.

Masterweb ini memiliki pelanggan yang sangat banyak, itu artinya jika kliennya banyak layanannya hampir dipastikan sangat bagus. Anda juga dapat mencoba idwebhost, dengan harga yang murah namun kualitas boleh diadu.

Demikan Panduan Memilih Paket hosting yang Terbaik yang mungkin bisa menjadi acuan Anda dalam memilih paket hosting untuk website anda. 

Post a Comment

0 Comments