8 Widget Yang Wajib Ada Pada Blog Anda

8 Widget Yang Wajib Ada Pada Blog Anda - Widget dalam sebuah blog memang menjadi daya tarik bagi para pengunjung maupun si mpunya blog. Ada banyak widget bawaan dari blog dan kelihatannya semua menarik. Tetapi, banyak widget yang dipasang di blog akan membuat blog menjadi lebih berat. Hal ini tentunya harus menjadi pertimbangan pemilik blog untuk memasang widget-widget yang diperlukan saja. Apa saja itu? 

Baik itu widget yang dipasang di sidebar atau post area. Tentunya dalam memasang widget tidak hanya memperhitungkan tampilan, tapi yang lebih penting adalah harus mempertimbangkan fungsinya.

Ada beberapa widget  yang wajib ada pada blog antara lain :

Archive, yaitu yaitu widget yang menampilkan daftar isi blog kita, bulan kita ngeblog, dan juga bisa menampilkan jumlah tulisan dalam setiap bulan berapa kali kita posting. Widget ini juga akan mempermudah dalam penulusuran.

Baca juga : Langkah yang harus dilakukan setelah mengganti domain blog

Search engine, ini dia widget yang dianggap sangat penting. Karena bisa dibayangkan betapa sulitnya mencari suatu kata kunci yang ada di blog kita tanpa search engine.

Recent post, yaitu widget yang menampilkan tulisan-tulisan terbaru kita. Walau di halaman utama menampilkan beberapa postingan terbaru, tapi saat seorang itu datang tidak langsung lewat halaman utama recent post menjadi sangat penting. 

Popular Post, yaitu widget yang menampilkan tulisan-tulisan yang paling populer / paling banyak dibaca oleh pengunjung blog. Hal ini bisa menggugah rasa ingin tahu para pengunjung blog anda.

Recent comment, yaitu widget yang menampilkan komentar-komentar terbaru dari blog kita. Karena biasanya sebuah blog identik dengan person sehingga tulisannya itu beruda pemikirannya dan bisa dikomentari orang lain. Selain itu akan menambah semangat untuk berkomentar dan menghargai komentarnya. 
Alexa, fungsinya untuk mengetahui nilai alexa pada suatu blog. Belum paham tentang alexa?? Bisa baca artikel saya yang ini apa dan manfaat dari alexa. Untuk tutorial memasang widget alexa di blog bisa baca juga

Counter Blog, fungsinya untuk mengetahui jumlah pengunjung blog. Saya memakai counter dari situs hishats.com, berikut tutorial memasang widget counter blog >>Cara mengetahui jumlah pengunjung blog.

PageRank, fungsi widget ini adalah untuk mengetahui peringkat blog kita di mata search engine. Hitungan dimulai dari 1-10. Semakin tinggi PageRank blog kita,maka semakin bagus pula blog kita di mata search engine terutama google.com.

Artikel lain : Chicken dance (senam pada film warkop DKI)

Demikian artikel "8 Widget Yang Wajib Ada Pada Blog Anda" semoga bermanfaat untuk sobat blogger.

Post a Comment

0 Comments