Cara Memasukan URL Blog Anda ke Google

Salah satu cara agar blog anda ramai pengunjung adalah dengan memasukkan Url blog anda ke google, agar artikel / postingan anda masuk ke halaman utama google atau biasa dikenal dengan istilah terindex oleh google.

Ada beberapa cara agar artikel atau postingan anda cepat masuk google bisa bermacam-macam, ada bebepara cara. Berikut saya rangkum Cara Memasukan URL Blog Anda ke Google.

1. Submit melalui Google Add URL

Google menyediakan tempat khusus untuk memasukan artikel anda satu-persatu. Silahkan kunjungi : http://www.google.com/addurl

langkahnya yaitu dengan mengcopy Url artikel anda dan masukan ke Google Add Url. Selanjutnya isi captcha dengan benar maka artikel anda sudah masuk ke google, tinggal tunggu saja google akan memunculkan artikel anda, biasanya dalam hitungan jam anda sudah bisa menemukan artikel anda di google. 

2. Submit Melalui Google Webmaster Tools

Cara kedua yaitu dengan memasukan Url artikel ke Google Webmaster Tools (GWT), namun jangan lupa sebelumnya pastikan anda sudah mendaftarkan website anda ke Google Webmaster Tools. Baca artikel : Cara mengirim peta situs ke Google Webmaster. Jika website anda sudah di daftarkan, lakukan langkah berikut :

- Klik nama website anda untuk masuk ke halaman manajemen.

- Klik menu Crawl -> Fetch as Google. 

- Selanjutnya isikan link artikel terbaru anda di halaman “Fetch as Google” dan klik “Fetch”.  Maka dalam beberapa detik, halaman web anda akan di ambil oleh google. 

- Kemudian klik “Submit to Index” dan kemudian pilih “Crawl only this URL” dan tekan tombol “Go”. Tunggu beberapa detik sebelum semua selesai. 

3. Ping Sitemap Anda

Sementara crawler Google mengunjungi dan mencatat URL dari sitemap anda,  anda dapat secara manual melakukan ping Google ketika url baru atau halaman baru ditambahkan ke sitemap.

Caranya yaitu dapatkan url dari sitemap website anda, contoh (http://namadomain.com/sitemap.xml).

- Buka URL berikut ini di browser anda: http://www.google.com/webmasters/sitemaps/ping?sitemap=<sitemap link here>.

- Selanjutnya ubah yang ada didalam kurung dengan sitemap anda, jadi hasilnya seperti berikut: http://www.google.com/webmasters/sitemaps/ping?sitemap=http://namadomain.com/sitemap.xml.

- Tekan enter, maka otomatis google akan menyimpan sitemap terbaru website anda.
4. Submit Sitemap Melalui Google Webmaster Tools

Anda juga bisa langsung submit seluruh isi web anda yang tercatat di sitemap.xml ke Google Webmaster Tools. Langkahnya sebagai berikut :

- Daftarkan website anda ke Google Webmaster Tools.

- Klik nama website anda untuk masuk ke halaman manajemen.

- Klik menu Crawl -> Sitemap.

- Klik tombol Add/Test Sitemaps.

- Masukan alamat url dari sitemap website anda.

Untuk mengetahui apakah artikel anda sudah masuk ke google atau belum anda bisa melakukan pengecekan menggunakan peritah “Site:URL artikel” di google.

Artikel lain : Dream4Freedom, bisnis online dengan keuntungan luar biasa

Sebagai contoh halaman yang baru anda buat adalah http://www.yoursite.com/newpage.html, maka untuk melakukan pengecekan anda cukup masuk ke google dan ketik sebagai berikut : Site:http://www.yoursite.com/newpage.html

Catatan: 

Meskipun artikel anda sudah di cache/tercatat di google, namun mungkin tidak akan langsung berada di halaman pertama, google pasti memiliki pertimbangan diantaranya reputasi dan ranking dari halaman tersebut. 

Sebenarnya anda tidak perlu mengirim masing-masing halaman secara manual ke halaman google. Biarkan semua berjalan otomatis, biarkan google bekerja sendiri. Kirim manual hanya jika anda tidak menemukan halaman yang sudah lama namun belum masuk juga ke google. 

Semoga artikel "Cara Memasukan URL Blog Anda ke Google" ini bermanfaat untuk anda dan semoga website anda segera terindex dan masuk ke hasil pencarian google dengan cepat.

Post a Comment

1 Comments