Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung


Blog yang ramai pengunjung menjadi impian bagi semua blogger termasuk saya hehehe. Tapi untuk mewujudkannya bukan perkara mudah juga bukan hal yang tidak mungkin.

Saya memiliki beberapa blog yang salah satunya "bisnisbos" yang sudah cukup ramai pengunjung, walaupun masih kalah dibanding para master2 seo.

Berikut saya rangkum dari hasil pencarian dan pengalaman saya agar blog semakin ramai pengunjung dan tentunya membua alexa semaking ramping :

1. Menulis judul artikel yang menarik

Dengan membuat judul dan tentunya artikel yang menarik pasti akan banyak dicari orang. Sebelum anda membuat judul artikel, anda bisa mencari referensi atau melihat-lihat terlebih dahulu dari blog-blog orang lain, bagaimana judul yang menarik yang paling banyak dicari orang. 

2. Promosi di media sosial

Setelah anda menulis sebuah artikel jangan lupa anda share ke jejaring sosial seperti facebook, twitter, google + dan sebagainya. Biasanya pada template blog sekarang ini sudah otomatis muncul tombol share ke media sosial. Jika belum anda dapat menambahkan tombol sharing tersebut, lihat caranya di google hehehe.

Baca juga : Cara ampuh mendapatkan backlink berkualitas

3. Submit artikel anda ke Google Webmaster

Jika anda sudah selesai menulis artikel, lalu submit artikel tersebut ke Google webmaster secara manual. Jika blog anda masih baru ini sangat wajib sekali, agar artikel yang anda posting cepat terindex oleh mesin pencari, apalagi jika artikel anda tadi dibuat dengan judul yang menarik dan banyak dicari orang. Baca artikel saya : Panduan mengirim peta situs ke Google Webmaster

4. Percantik desain blog anda

Membuat blog dengan desain yang cantik dan enak dipandang adalah salah satu hal yang dapat membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama diblog anda. Anda bisa menambahkan widget-widget yang menarik seperti artikel terpopuler, artikel terkini dan sebagainya, tapi ingat, jangan sampai terlalu banyak widget yang nantinya akan membuat blog anda menjadi berat

Ketahuilah berat blog anda, karena ini juga mempengaruhi pengunjung yang akan datang. Jika blog anda berat untuk diakses, otomatis calon pengunjung juga akan bosan dan beralih ke blog lain hehe. Lihat cara mengetahui berat blog anda disini.


5. Berjalan-jalan diblog orang lain

Bisa dibilang ini jurus lama dan langkah yang paling cepat mendapatkan pengunjung, yaitu dengan melakukan blogwalking atau berjalan-jalan di blog orang lain, sambil berkomentar atau tulis pesan di chatbox. Cara ini biasa saya gunakan untuk blog yang baru saya buat karena masih sepi pengunjung. 

Semakin banyak artikel menarik dan ilmu seo yang anda terapkan, maka semakin banyak pengunjung2 setia yang mampir di blog anda tanpa melakukan blogwalking lagi.


Backlink termasuk aspek yang cukup penting yang harus kita bangun sejak awal untuk blog sebagai upaya optimasi mesin pencari (search engine). Dengan memperoleh backlink sebanyak-banyaknya, maka semakin banyak mesin pencari yang mengarah ke web / blog kita, sehingga hal tersebut akan dapat menyumbang banyak visitor. 


7. Update artikel secara rutin dan teratur

Langkah yang terakhir yaitu dengan mengupdate artikel secara rutin. Ini memang agak berat, apalagi jika anda mempunyai ksibukan yang cukup padat. Jika anda mampu, buatlah artikel minimal 1 posting perhari. Jika lebih dari 1 itu malah lebih bagus lagi, tapi jangan membuat artikel lebih dari 50+ perhari, karena itu akan di anggap spam oleh Search Engine.

Baca juga : Cara mudah upgrade Windows 10 gratis

Mungkin hanya ini saja tips-tips sederhana dari saya "Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung" yang mungkin bisa sobat terapkan. Sobat juga bisa menambahkan lagi tips-tips dari luar sana agar blog sobat semakin ramai lancar hahaha..

Keep Blogging.

Post a Comment

0 Comments