Penyebab Alexa Rank Blog Anda Naik Turun

Penyebab Alexa Rank Blog Anda Naik Turun - Alexa adalah sebuah situs web pencatat trafik semua website di internet dengan menggunakan hitungan rumus tertentu dan kemudian memberikan peringkat berupa angka alexa atau biasa disebut “alexa rank” kepada tiap-tiap website berdasarkan trafik yang dimilikinya. 

Jika sebuah blog memiliki trafik tinggi maka Alexa akan memberikan "alexa rank" ke blog tersebut dengan angka rendah atau sedikit. Yang berarti bahwa blog tersebut bertrafik tinggi. Semakin tinggi trafik blog maka akan semakin sedikit angka alexanya. 

Saat ini permasalahanya adalah mengapa angka alexa blog kita yang tadinya ramping tapi sekarang menjadi banyak alias menggendut dalam bahasa populernya. 

Berikut ini penyebab-penyebab Alexa Rank yang saya kumpulkan dari berbagai sumber :

1. Kurangnya Internal Link

Perlu kalian ketahui bahwa internal link itu sangat lah penting untuk meningkatkan rank alexa kita , entah itu internal link dari blog sendiri maupun dari pengunjung yang masuk di blog kita dengan akun bloggernya.

Artikel lain : Apa penyebab statistik Google Analitics dan Histats berbeda ?

Internal link dari blog kita sendiri ini maksud nya adalah, link yang terdapat di artikel kita yang kita beri sebuah link dan link itu adalah link dari blog kita sendiri.

Untuk internal link yang dari pengunjung biasanya adalah pengunjung yang datang di blog kita dengan menggunakan akun bloggernya , internal link ini biasa terjadi jika pengunjung yang masih aktif atau belum mematikan akun bloggernya lalu menuju ke blog kita. 

2. Kelebihan Out boundLink 

Outbound link ini sama seperti internal link yang dari pengunjung yang seperti saya jelaskan diatas . Tetapi bedanya outbound link dengan internal link dari pengunjung.adalah kita yang mendatangi sebuah blog dengan akun blogger kita atau link blog kita.

Membuat outbound link memang lah sangat penting karena bisa membuat pemilik blog yang di kunjungi biasanya akan berkunjung balik, tetapi jika kebanyakam outbound link daripada internal link itu akan menyebabkan naik turunnya rank alexa kita. 

3. Kekurangan Backlink

Backlink ini juga bisa menyebabkan naiknya alexa rank kita serta juga bisa meningkatkan pagerank kita namun jika kita kurang mendapatkan backlink entah itu yang berkualitas maupun rendah kualitas maka itu akan bisa menyebabkan naik turunnya alexa rank kita.

Baca juga : Cara ampuh mendapatkan backlink berkualitas

Perlu diingat bahwa backlink berkualitas dan rendah kualitas ini mempunyai nilai masing-masing, jadi tidak perlu ragu jika kita bertukar link dengan pagerank tinggi maupun rendah, namun janganlah sering untuk bertukar link karena akan bisa nanti kita dianggap sebagai spam. 

4. Kurang Pengunjung yang datang

Pengunjung juga sangat lah berpengaruh dalam alexa rank kita, biasanya kekurangan pengunjung ini disebabkan karena kurangnya artikel atau informasi yang ingin kita berikan ke pada pengunjung. 

5. Sering Gonta - Ganti Template Blog

Ini lah penyebab yang kelima. Mungkin anda sering gonta-ganti template blog karena mungkin anda kurang puas dengan tampilan blog anda dan kemudian anda menganti template anda dan itu tidak lah baik untuk trafik alexa itu sendiri, yang harus anda lakukan adalah sebisa mungkin untuk setia dengan template anda dan buat alexa yang cantik itu senang.

6. Kita mengganti subdomain ke domain tingkat atas atau custom domain (TLD)

Jika blog kita memiliki angka alexa yang sangat ramping lalu kita mengubah subdomain ke custom domain TLD, maka angka alexa yang tadinya sudah ramping akan kembali gendut. Namun dalam kurun beberapa bulan saja angka alexa akan kembali ramping seperti sediakala, tergantung jumlah artikel blog kita. Karena perubahan domain tersebut menggunakan pengalihan 503, artinya pemindahan url lama ke url baru tanpa meninggalkan pengunjung blog kita. Jadi meskipun angka alexa kita puluhan juta namun trafik blog kita tetap tinggi karena pengunjung akan dirujuk dari url lama ke url baru atau custom domain tersebut.

Baca juga : Langkah yang harus dilakukan setelah mengganti domain blog

Masa pengalihan ini biasanya memakan waktu lebih dari sebulan bahkan sampai dua bulan, sampai pengalihan 503 benar-benar selesai. Kita bisa melihat data-data masa transisi server atau pengalihan 503 di alat webmaster atau webmaster tools. Selama proses pengalihan belum selesai, angka alexa blog kita akan berangsur-angsur meramping dengan cepat, tidak selambat seperti kita pertama kali membuat blog dulu. Jika blog kita sudah memiliki Pagerank, maka pagerank tersebut akan dikembalikan ke custom domain kita juga meskipun custom domain kita baru berumur 2 bulan. 

Hal yang perlu dilakukan ketika Alexa rank blog Anda menurun adalah terus mengupdate blog Anda dengan artikel-artikel yang fresh dan original minimal 1 postingan per harinya. Dengan artikel yang fresh ini maka kemungkinan banyak artikel akan banyak dibaca orang lain. Juga artikel harus original hasil pemikiran Anda sendiri agar selain disukai para pembaca juga tentunya akan disukai oleh search engine seperti Google. Dengan begitu akan dengan sendirinya menaikan traffic blog yang datang dari hasil pencarian. Apalagi sekarang Google menggunakan algoritma hummingbird yang benar-benar mencari relevansi antara keyword yang diketikan pada search engine dengan konten-konten blog yang betul-betul original.

Dan yang jangan dilupakan adalah blogwalking dan berkomentar di blog-blog orang lain, cara ini memang kuno tapi memberikan dampak yang cepat untuk traffik blog anda juga Alexa tentunya. Selain admin blog yang kita komentari, juga komentator-komentator lain yang penasaran dengan kita akan menelusuri blog kita lewat profil kita. Namun di sini tentunya kita harus tetap beretika dan mematuhi aturan-aturan untuk berkomentar pada setiap blog agar komentar kita tidak dianggap spam.

Demikian postingan saya tentang "Penyebab Alexa Rank Blog Anda Naik Turun", semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Happy Blogging

Post a Comment

1 Comments

  1. Be mindful at the time you Buy YouTube Views. It might be a scam. Contact us for support and guidance. buy real youtube subscribers

    ReplyDelete