Fungsi Heading Tag Pada Blog

Fungsi Heading Tag Pada Blog - Mungkin bagi blogger pemula belum mengetahui  apa itu Heading Tag dan apa kegunaannya ? Apakah berpengaruh dengan SEO ? Mari kita berkenalan dulu dengan Heading Tag.
Fungsi Heading Tag Pada Blog

Apa itu Tag Heading ?


Tag Heading / Heading Tag adalah sebuah code HTML yang berguna untuk mengatur besar kecilnya sebuah tulisan pada blog atau website. 
Heading Tag memiliki 6 tingkatan, yaitu dimulai dari 1 sampai 6. Heading 1 atau dalam code HTML <h1> merupakan tingkatan paling besar, sementara heading 6 atau <h6> merupakan tingkatan yang paling kecil. 

Fungsi Tag Heading


Penggunaan Heading Tag dalam penulisan pada blog sangat penting, karena akan mempermudah search engine / mesin pencari seperti google dan lainnya dalam mencari serta mengindex blog anda secara cepat. Selain itu, dengan teknik Heading Tag ini juga akan mempermudah para pembaca yang datang ke blog anda untuk memahami informasi dari artikel yang anda sajikan.

Heading pada sebuah halaman blog/web, memiliki fungsi yang sama dengan heading yang ada di halaman buku maupun majalah, yaitu untuk menunjukkan informasi yang penting dan juga membuat pembaca/pengguna dapat menyortir halaman dengan cepat untuk dapat menemukan informasi yang mereka cari tanpa perlu meencari satu persatu halaman yang pastinya akan membutuhkan banyak waktu.

Baca juga : Ini dia 5 Youtuber dengan penghasilan tertinggi di dunia

Dalam dunia internet khusunya anda sebagai pemilik blog, hal ini sangat penting karena pengunjung blog/website tidak selalu membaca semua text yang ada di sebuah halaman blog/web. Selain itu Heading Tag juga berguna untuk Mengoptimasi SEO secara onpage pada blog.

Jika disimpulkan secara sederhana Heading itu merupakan “judul”, dan mempunyai beberapa tingkatan di dalam blog antara lain:

- Judul Halaman Blog.

- Judul Artikel Blog.

- Judul Point dalam Artikel Blog.

- Judul Sub Point dalam Artikel Blog.

- Judul Widget dalam Blog dan Lain-Lain.

Pada tingkatan diatas dapat di artikan yaitu :

- Untuk penggunaan Heading pada Judul Halaman Blog di beri tanda tag < h1>.

- Untuk penggunaan Heading pada Judul Artikel Blog dan Judul Point dalam Artikel Blog di beri tanda tag <h2>.

- Untuk penggunaan Heading pada Judul Sub Poin dalam Artikel Blog di beri tanda tag <h3>.

- Untuk penggunaan Heading pada Judul Widget dalam Blog dan lainnya di beri tanda tag<h4>.

Jika dilihat dalam tingkatan heading, maka level Heading pertama seharusnya mengandung keyword yang utama pada blog atau pada artikel.

Pengaruh Tag Heading dalam SEO


Penggunaan Tag Heading terutama tag <h1> pada artikel/postingan blog akan membuat artikel lebih Seo-friendly, sehingga membuat artikel tersebut dapat lebih mudah ditemukan. Pendapat tersebut merupakan hasil eksperimen para peneliti Seo yang membandingkan penggunaan tag <h1> sebanyak satu saja pada artikel dengan pengguanaan Tag <h1> lebih dari satu dalam sebuah artikel. Dari hasil eksperimen tersebut disimpulkan bahwa penggunaan Tag <h1> lebih dari satu pada sebuah artikel dapat menurunkan ranking blog pada hasil pencarian.

Demikian artikel sederhana tentang "Fungsi Heading Tag Pada Blog", semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Post a Comment

1 Comments

  1. Heading H1 pada blog saya terdapat 3 buah., tapi sejah ini baik2 saja mas. Thanks for sharing by anwarizcom

    ReplyDelete