Mengenal ArcGIS, Produk Software GIS

Mengenal ArcGIS, Produk Software GIS - Sebelumnya saya telah menjelaskan tentang "Pengenalan GIS". Nah, salah satu software pengolah GIS / sistem informasi geografis (SIG) yaitu ArcGIS yang diproduksi oleh ESRI (Environment Science & Research Institue) yang merupakan kompilasi fungsi-fungsi dari berbagai macam software GIS seperti GIS desktop, server, dan GIS berbasis web.
Panduan Mengatur Heading Tag Pada Blog

Apa itu ArcGIS ?


Software ArcGIS pertama kali diperkenalkan kepada publikpada tahun 1999, yaitu dengan versi 8.0 (ArcGIS 8.0). ArcGIS merupakan penggabungan, modifikasi dan peningkatan dari 2 software ESRI yang sudah terkenal sebelumnya yaitu ArcView GIS 3.3 (ArcView 3.3) dan Arc/INFO Workstation 7.2 (terutama untuk tampilannya). Bagi yang sudah terbiasa dengan kedua software tersebut, maka sedikit lebih mudah untuk bermigrasi ke ArcGIS. Setelah itu berkembang dan ditingkatkan terus kemampuan ArcGIS ini oleh ESRI yaitu berturut turut ArcGIS versi 8.1, 8.2, 9.0, 9.1, 9.2, 9.3 (9.3.1) dan sekarang sudah ada ArcGIS 10 dan juga ArcGIS Pro.

Platform ArcGIS 

Platform adalah unsur penting dalam pengembangan perangkat lunak. Platform mungkin dapat didefinisikan secara sederhana sebagai tempat untuk menjalankan perangkat lunak.

Pada Platform ArcGIS memungkinkan karyawan di seluruh organisasi dan masyarakat umum untuk menemukan, menggunakan, membuat dan berbagi peta dari perangkat apapun, di mana saja dan kapan sajaPlatform ini meliputi ArcGIS Desktop, ArcGIS Online dan ArcGIS Server.

ArcGIS Desktop

Yaitu dimana GIS profesional bekerja dengan aplikasi termasuk ArcMap dan ArcGIS Pro untuk membuat membuat data otoritatif geografis, peta, alat dan model analisis yang bisa di bagi sebagai service. ArcGIS Desktop lima aplikasi dasar sebagai berikut : 

1.) ArcMap, yaitu aplikasi utama untuk kebanyakan proses GIS dan pemetaan dengan komputer. ArcMap memiliki kemampuan utama untuk melakukan visualisasi, membangun database spasial yang baru, memilih (query), editing, menciptakan desain-desain peta, analisis dan pembuatan tampilan akhir dalam laporan-laporan kegiatan. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ArcMap diantaranya yaitu penjelajahan data (exploring), analisa sig (analyzing), presenting result, customizing data dan programming.

2.) ArcView, yang memungkinkan pengguna menampilkan data spasial, membuat peta berlapis, serta melakukan analisis spasial dasar.

3.) ArcEditor, memiliki kemampuan sebagaimana ArcView dengan tambahan peralatan untuk memanipulasi berkas shapefile dab geodatabase.

4.) ArcInfo, memiliki kemampuan sebagaimana ArcEditor dengan tambahan fungsi manipulasi data, penyuntingan dan analisis. 

5.) ArcCatalog, yaitu tool untuk menjelajah (browsing), mengatur (organizing), membagi (distribution) mendokumentasikan data spasial maupun metadata dan menyimpan (documentation) data-data SIG. ArcCatalog membantu dalam proses eksplorasi dan pengelolaan data spasial. Setelah data terhubung, ArcCatalog dapat digunakan untuk melihat data. Bila ada data yang akan digunakan, dapat langsung ditambahkan pada peta. 

Baca Juga : Pengenalan GIS

Seringkali, saat memperoleh data dari pihak lain, data tidak dapat langsung digunakan. Data tersebut mungkin masih perlu diubah sistem koordinat atau proyeksinya, dimodifikasi atributnya, atau dihubungkan antara data geografis dengan atribut yang tersimpan pada tabel terpisah. Pada saat data siap, isi dan struktur data sebagaimana halnya perubahan-perubahan yang dilakukan, harus didokumentasikan. Berbagai aktivitas pengelolaan data ini dapat dilakukan menggunakan fasilitas yang tersedia pada ArcCatalog.

ArcGIS Online

Yaitu di mana pekerja ilmu pengetahuan, eksekutif, dan anggota masyarakat berkolaborasi dan melakukan "self-service mapping" menggunakan desktop, tablet atau smartphone.

Arcgis online termasuk konten yang kaya dan aplikasi yang terfokus untuk menambah wawasan Geographic untuk semua jenis proyek.


ArcGIS Server

Dimana IT dan GIS Profesional mengelola, melindungi dan berbagi konten geografi sebagai "service" yang dapat dikonsumsi pada desktop, web dan aplikasi mobile. 

ArcGIS server terhubung dengan RDBMS (Relational Database Management Systems), cloud dan virtual.

Artikel lain : Pentingnya membuat blog menjadi Mobile-Friendly

Kegunaan ArcGIS


ArcGIS sangat berguna dalam berbagai bidang kehidupan. Contohnya : Pada pelayanan kesehatan, dapat mengembangkan suatu bentuk peta ilustrasi sehingga dapat memudahkan pengguna untuk membuat peta dalam suatu wilayah yang mengilustrasikan distribusi atau penyebaran terhadap suatu penyakit, kematian, dan sebagainya. Dalam bidang marketing, dapat cara meningkatakan/ mengoptimalisasikan pemasaran. 

Dengan adanya GIS maka akan mempermudah user/pengguna untuk menganalisis, mencari suatu informasi sehingga dapat membantu user/pengguna untuk mengambil suatu keputusan berdasarkan data/fakta yang terjadi.

GIS juga dapat menghasilkan data spasial yang susunan geometrinya mendekati keadaan sebenarnya dengan cepat dan mendalam.

Kekurangan ArcGIS 


Dibalik segala kelebihan ArcGIS, terselip beberpa kekurangan, antara lain :

- ArcGIS membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi.

- ArcGIS secara default tidak support multi view dan multi layout. Hal ini sangat menyulitkan  dalam pembuatan peta masal.

- ArcGIS tidak 100 % kompatibel dengan ArcView 3x. Proses migrasi akan sangat menyeluruh, seperti migrasi dari MS Word 2003 ke MS Word 2007. 

- Di ArcGIS terdapat Xtool dan ET tetapi tidak gratis.

Demikian sedikit pembahasan mengenai "Mengenal ArcGIS, Produk Software GIS", semoga arikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment

4 Comments

  1. sangat jelas
    jadi bisa tau tentang arcgis
    jangan lupa lihat web saya http://irwan.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. makasih gan atas artikelnya,sangat membantu saya dalam mengenal arcgis dan produk software GIS,dan juga fungsi-fungsi dari berbagai macam software GIS.
    kunjungi website saya juga ya : http://ferdiyanto.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan juga website kampus saya : www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  3. makasih ya kak artikel yang kakak buat sangat bermanfaat berkat artikel kakak saya lebih tau mengenal arcgis .
    kunjungi blog saya

    http://desymelindasari95.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    Dan kunjungi juga website kamus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  4. Terimakasih ya kak atas artikelnya, sangat mudah dipahami dan mengerti, bermanfaat sekali untuk saya bisa mengenal lebih tentang aplikasi ArcGIS ini. Sangat jelas sekali pemaparannya.


    http//www.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete