Cara Ampuh Mendapatkan Backlink Yang Berkualitas

Apa itu Backlink ?

Backlink, juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan link balik, yaitu link yang masuk atau mengarah ke sebuah halaman web atau blog kita dari situs lain. Jumlah backlink yang dimiliki situs adalah nilai popularitas dari situs tersebut.

Backlink termasuk aspek yang cukup penting yang harus kita bangun sejak awal untuk blog sebagai upaya optimasi mesin pencari (search engine). Dengan memperoleh backlink sebanyak-banyaknya, maka semakin banyak mesin pencari yang mengarah ke web / blog kita, sehingga hal tersebut akan dapat menyumbang banyak visitor. 

Namun, untuk memperoleh banyak backlink tidak boleh asal-asalan, kita wajib memperhatikan berbagai komponen. Banyak para blogger kurang tepat dalam usaha mendapatkan backlink, misalnya dengan link exchange, komentar spam dan lain sebagainya.

Artikel lain : Cara Mengembalikan Domain Blogspot.co.id ke Blogspot.com

Sebenarnya untuk memperoleh backlink dengan skala besar itu cukup mudah, asalkan anda punya banyak uang. Misalnya dengan menjadi advertiser di Google AdWords, atau PPC lainnya. Namun, pasti anda lebih memilih cara yang gratis kan? hehehe.

Ada dua macam backlink, yaitu DoFollow Backlink dan NoFollow Backlink. Kedua jenis backlink ini diperkenalkan oleh Matt Cuts dan Jason Shellen pada tahun 2005 untuk membantu blogger / web master dalam membangun web SEO yang lebih baik.

DoFollow Backlink

Biasanya web / blog yang dofollow ditandai dengan atribut rel='dofollow' atau tanpa atribut. Mesin pencari (search engine) biasanya menjelajah semua isi dari blog / situs. Ketika mereka akan datang pada backlink, mereka akan memeriksa bahwa itu DoFollow Backlink atau NoFollow Backlink. Jadi, jika backlink tersebut dofollow maka mereka akan mengikuti link dan mendarat di halaman web / blog lain untuk menjelajahnya. 


NoFollow Backlink

Biasanya web / blog yang nofollow diandai dengan atribut rel='nofollow' atau tanpa atribut. Jadi, jika backlink yang dibuat dengan atribut NoFollow maka mesin pencari akan mengabaikannya karena atribut ini tidak memungkinkan mensin pencari untuk mengikuti link tersebut.

Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas ?. berikut beberapa cara ampuh mendapatkan backlink yang berkualitas :

1. Komentar di Blog Dofollow

Anda bisa mencari blog dofollow dengan bantuan Google, dengan mengetik keyword “Blog Dofollow Indonesia“. Nanti akan ketemu beberapa blog dofollow. Silahkan anda pilih blog dofollow yang sesuai dengan niche (fokus blog) anda. Misalkan blog anda tentang seputar blogging, silahkan cari blog dofollow yang mempunyai niche blogging. Kemudian silahkan anda berkomentar di blog tersebut. Inget, komentar yang bermutu ya, jangan SPAM !!!,  misal pada kotak komentar terdapat name url, gunakan nama tersebut sebagai nama yang digunakan dalam kotak komentar.

2. Komentar di Forum Dofollow

Anda mungkin kenal dengan situs Kompasiana. Yup, itu merupakan salah satu forum dofollow. Lalu apa yang musti kita lakukan untuk memperoleh backlink dari forum tersebut ?.

Apabila anda belum menjadi member, silahkan mendaftar. Apabila sudah menjadi member, silahkan aktif dalam memposting artikel dan berkomentar di artikel orang lain.

Tentu saja dalam meposting artikel dan berkomentar tidak boleh asal-asalan, tapi kita perlu memperhatikan topik. Hendaknya topik artikel disesuaikan dengan niche blog kita. Juga perlu diperhatikan, setiap posting artikel hendaknya disisipkan link aktif yang mengarah ke blog kita.

3. Submit Artikel ke Situs Sosial Bookmark Dofollow

Cara ini bisa dibilang cukup mudah dan tidak banyak menyita banyak waktu. Anda tinggal mendaftar menjadi member pada situs tersebut, kemudian setiap anda selesai memposting artikel, silahkan submit artikel anda ke situs tersebut secara rutin.
Di Indonesia ada beberapa situs sosial bookmark dofollow yang mungkin bisa dijadikan partner untuk memperoleh backlink yang banyak, seperti situs Lintas.me, Infogue.com, Laptopgue.com, dan masih banyak lagi.

4. Menjadi i-Reporter pada Merdeka.com

Langkah ke empat mungkin belum banyak kawan-kawan blogger yang melakukan hal ini, yaitu memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh Merdeka.com untuk memperoleh backlink dengan cara menjadi i-reporter (jurnalis) pada media massa tersebut. Mungkin karena persyaratannya cukup ribet dan banyak memakan waktu, sehingga anda tidak begitu berminat untuk menjadi i-reporter pada situs tersebut.

Kita hanya perlu mendaftar menjadi member i-reporter di media massa tersebut, kemudian kita menulis artikel sesuai dengan minat kita, karena topik artikel dibebaskan asalkan sesuai dengan kode etik jurnalis. Kemudian pihak Merdeka.com akan mereview artikel kita apakah layak diterbitkan ataukah tidak. Apabila artikel kita diterbitkan, setiap akhir artikel terdapat tautan atau banner yang mengarah menuju blog kita. Tentu hal itu akan sangat menguntungkan bagi kemajuan blog kita dalam membangun backlink. 

4. Optimalisasi Jejaring Sosial Google+

Cara yang terakhir ini terbilang paling mudah untuk kita lakukan dalam usaha mendapatkan backlink. Apakah anda sudah mempunyai akun Google+? kalau sudah, silahkan perbanyak jumlah teman yang ada di lingkaran anda. Selain itu, silahkan bergabung pada komunitas yang sesuai dengan niche blog anda.

Apabila teman yang ada di lingkaran anda sedikit, itu tidak ada artinya untuk meraup backlink sebanyak-banyaknya. Apalagi ditambah judul artikel yang anda share tidak menarik sama sekali. Oleh karena itu, hendaknya judul artikel postingan dibuat semenarik mungkin dan perbanyak teman di lingkaran anda. Dengan begitu anda akan memperoleh backlink secara optimal ketika anda men-share postingan ke Google+.

Salu hal yang musti anda perhatikan ketika share artikel postingan adalah waktu. Usahakan ketika membagikan artikel pada waktu yang tepat. Misalnya di Indonesia kebanyakan orang menggunakan media sosial antara pukul 18.00-22.00 WIB, bisa dipastikan banyak pengguna Google+ yang sedang online. Sehingga mereka banyak yang akan membaca artikel kita. 

Demikian artikel Cara Ampuh Mendapatkan Backlink Yang Berkualitas, semoga bermanfaat untuk kita semua yang ingin mendapatkan backlick sebanyak-banyaknya agar blog makin ramai dan alexa makin ramping hehehe..

Post a Comment

2 Comments

  1. Lintasme bukannya sudah tidak ada dibeli oleh beritagar admin? Btw baru tahu kalau kita juga bisa menjadi penulis di merdeka..tapi emang boleh juga mencantumkan tautan link yang mengarah ke blog kita...ok deh thx u infonya admin...mau coba coba nanti

    ReplyDelete