Panduan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools

Sebelumnya saya telah menulis artikel tentang "Panduan Mengirim Peta Situs ke Google Webmaster" yang bertujuan agar proses indeks yang dilakukan oleh Google dapat berlangsung dengan cepat. 

Setelah melalui tahap tersebut selanjutnya adalah melakukan verifikasi Peta Situs yang telah dikirimkan, tujuannya untuk menyatakan kepada Google bahwa alamat Url web / blog yang di daftarkan tersebut adalah benar milik anda. Cara untuk melakukan verifikasi tersebut cukup mudah, anda bisa lihat Panduan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools berikut ini :

Baca juga : Panduan mengirim peta situs ke Google Webmaster

1. langkah pertama sampai dengan ketiga sama seperti "Panduan Mengirim Peta Situs ke Google Webmaster", yaitu kunjungi situs Google Webmaster Tools di url : http://google.com/webmasters/, lalu klik tombol "Sign In to Search Console".


2. Selanjutnya "Sign in" dengan menggunakan akun anda.


3. Lalu klik alamat url web / blog anda. Jika anda belum pernah memasukkan alamat web / blog anda, silahkan masukkan terlebih dahulu .


4. Disebelah kanan atas anda klik icon setting yang berbentuk "gerigi" lalu pilih "Verification Details".


5. Selanjutnya anda klik lagi "Verify using a different method".


6. Pada halaman verifikasi silahkan anda pilih HTML tag, lalu seperti yang terlihat pada gambar dibawah, copykan kode HTML tag yang ada di dalam kolom verifikasi ke template blog anda. 
Caranya, buka dashboard blog anda dan letakan di bawah kode <head> pada template blog. 


7. Selanjutnya kembali lagi ke halaman Webmaster Tool yang telah dibuka tadi kemudian klik "VERIFY".



Apabila kode yang anda letakan pada template tadi sudah benar, pada saat anda klik "VERIFY" blog anda sudah berhasil di verifikasi oleh Gooale Webmaster seperti terlihat pada gambar berikut di bawah ini.


Selamat Peta Situs anda sudah berhasil diverifikasi. Semoga artikel Panduan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools bermanfaat....

Post a Comment

0 Comments