Apa itu Domain dan Hosting ?

Apa itu Domain dan Hosting ? - Mungkin ada sebagian dari kita yang belum tahu apa itu domain dan apa itu hosting. Pada artikel ini saya akan membahas apa itu domain dan hosting.


Domain dan hosting adalah kata yang tidak bisa dipisahkan, ibarat kata domain itu alamat rumah sementara hosting itu rumahnya, itu pengertian simple dari saya. Jika dalam bahasa internetnya domain adalah sebuah nama atau alamat yang dipakai untuk mengunjungi suatu website. Misalnya google.com. Sedangkan pengertian hosting adalah tempat dimana website dan domain tersbut tinggal.

Pengertian Domain

Pengertian Domain menurut Wikipedia yaitu nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Domain ini berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address (contoh : 12.345.67.89). Karena angka ini merupakan sesuatu yang unik dan susah diingat orang, maka deretan angka unik di duah menjadi huruf abjad agar lebih mudah di ingat. Contohnya blog saya ini dengan nama domain : ipoeng.com. Domain ini biasa disebut juga dengan istilah URL atau alamat website.

Domain dibagi menjadi 3 level :

1. Domain TLD (Top Level Domain) : Domain TLD adalah domain-domain yang paling populer di pakai di seluruh dunia seperti .com, .org, .net, .info dan beberapa ekstensi lainnya seperti nama domain ipoeng.com. Ini berbeda dengan nama domain gratis dari blogger yaitu misalnya ipoeng.blogspot.com

Baca juga : Langkah yang harus dilakukan  setelah mengganti domain blog

2. Domain SLD (Second Level Domain) : Domain SLD adalah domain level kedua, di Indonesia kita juga kenal seperti .co.id, .web.id, net.id dan beberapa ekstensi lainnya.

AC.ID = untuk perguruan tinggi di Indonesia
CO.ID = untuk perusahaan komesial di Indonesia
GO.ID = untuk badan pemerintahan di Indonesia
NET.ID = untuk perusahaan jaringan di Indonesia
WEB.ID = untuk individu/kelompok di Indonesia
SCH.ID = untuk sekolahan di Indonesia
OR.ID = untuk organisasi di Indonesia 

3. Domain LLD (Lower Level Domain) : Domain LLD juga biasa disebut dengan subdomain. misalnya seperti forum.detik.com, ipoeng.blogspot.com dan lain sebagainya.

Untuk menggunakan domain TLD anda memerlukan biaya untuk membeli domain di situs pengnyedia hosting dan domain, misalnya idwebhost.com. Sedangkan untuk anda yang ingin gratis anda bisa menggunakan sob domain dari blogger.

Siapa yang bertanggung jawan mengurus nama domain?

Nama domain dikelola oleh organisasi yang bernama ICANN. Mereka yang mengatur bagaimana domain TLD bisa sampai sekarang ini. Domain mengarah ke web hosting melalui DNS Server, DNS mengarahkan domain pada web hosting.

Setiap web hosting memiliki IP Address, IP Address inilah yang menjadi alamat web hosting. Domain hanyalah alat untuk mempermudah manusia menuliskan alamat web. Bayangkan jika kita harus mengingat 12 digit nomor untuk mengunjugi google, atau IP address versi 6 yang mencapai 16 digit.

Pengertian Hosting

Hosting atau Webhosting adalah tempat penyimpanan data yang diperlukan oleh sebuah blog atau website yang memiliki top level domain sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database. Jadi semua artikel, gambar, script code program dan database suatu domain disimpan dalam hosting.

Ada beberapa jenis Hosting antara lain : 

1. Free Hosting Service : yaitu hosting yang disediakan secara gratis. Tetapi support dan fitur yang diberikan sangat minim, kadang-kadang terdapat iklan. 

2. Shared Hosting Service : Lebih baik daripada Free Hosting Service, shared hosting relatif lebih stabil dan pelayanan yang diberikan lebih baik. Di sini website kita disimpan di CPU yang dipakai bersama dengan website lainnya, akan tetapi stabilitas website akan terjaga. Kelemahannya dari Shared Hosted adalah ketika pengunjung mencapai batas resource penggunaan CPU, website kita akan down. 

3. Trial Hosting Service :  yaitu hosting yang diberikan kepada calon pelanggan untuk ujicoba kehandalan dan fasilitas hosting. Biasanya trial hosting diberikan 30 sampai dengan 60 hari saja.  

4. Dedicated Hosting Service / Paid Hosting Service : yaitu hosting yang mengharuskan membayar biaya sewa. Hosting jenis ini paling banyak digunakan karena kualits dan pelayanannnya yang bagus. Di sini kita memakai full satu server untuk website yang kita miliki. Semua bisa kita kontrol, termasuk install ulang server kita dan layanan super cepat dari Support Hosting. 

5. Cloud Hosting Services : Yang ini lebih powerfull lagi, jenis server ini masih sulit untuk ditemukan. Intinya jika satu server down, maka server yang lain akan membackup dari server yang down. Untuk harga pastinya lebih mahal, kebanyakan dihitung bukan per bulan, tetapi per jam.

Domain gratis biasanya menjadi halangan apabila kita mendaftarkan website/blog dengan domain gratis tersebut ke penyedia layanan periklanan atau mau dikomersilkan, banyak penyedia layanan iklan atau layanan lainnya yang dalam TOS mereka tidak menyetujui website dengan domain gratis.

Hosting pun sama, banyak penyedia layanan hosting yang tidak memberikan biaya apabila kita berniat mendaftar dilayanan hosting gratisan. Kendalanya, hosting gratisan biasanya tidak stabil dan support yang diberikan pun kurang.

Jika sobat blogger ingin mempunyai domain dan hosting sendiri, maka sobat bisa membeli domain dan hosting untuk blog atau website pada situs penyedia domain dan hosting yang ada di indonesia maupun dari luar negeri misalnya adalah GoDaddy, NameCheap,  iPage, justhost.com, FatCow, BlueHost, Hostgator, hostmonster, Masterwebnet, Idwebhost, Rumahweb, Dapurhosting, Plasahosting, dll.

Semoga artikel Apa itu Domain dan Hosting ? ini dapat bermanfaat bagi para sobat.

Post a Comment

0 Comments