Cara Agar Laptop Tidak Mudah Panas


Cara Agar Laptop Tidak Mudah Panas - Jika anda sering menggunakan laptop untuk beraktifitas, entah itu mengerjakan pekerjaan kantor, bermain game, membuat program atau menjelajah di dunia maya dengan membuka jejaring sosial maka tips yang ipoeng sajikan ini tepat untuk anda. Kali ini ipoeng akan berbagi tips kepada para sobat cara agar laptop tidak mudah panas. 

Berbeda dengan PC yang dilengkapi semacam kipas yang mampu menjaga suhu secara stabil, laptop atau notebook tidak memiliki pendingin/kipas yang handal oleh karena laptop memang didesain relatif kecil, jadi laptop akan lebih cepat panas jika digunakan untuk bekerja secara berlebihan. Untuk memecahkan masalah ini, saya akan menjelaskan cara mengatasi laptop yang mudah panas yang dapat menyebabkan aktifitas anda terganggu. 
Sebelum mengetahui cara agar laptop tidak mudah panas, saya akan mengulas sedikit apa saja faktor yang mempengaruhi perubahan suhu pada laptop. Ada berbagai hal yang menyebabkan laptop menjadi panas salah satunya penggunaan laptop dalam waktu lama. Hal ini memang benar sekali. Penggunaan secara terus menerus tanpa dimatikan dalam waktu yang lama, memang akan membuat laptop cepat overheat. Laptop yang overheat pastinya akan mempengaruhi performa mesin dan komponen-komponen lain yang ada didalamnya. Karena komponen-komponen yang ada pada laptop berbeda dengan yang ada di komputer/PC, maka daya tahan laptop pun juga berbeda. Kemampuan laptop biasanya tak lebih dari 3 jam jika digunakan secara terus menerus, apalagi untuk pekerjaan berat seperti bermain game. 

Berikut cara mengatasi laptop yang mudah panas dengan langkah-langkah berikut ini, silahkan disimak baik-baik.

Gunakan Cooling Pad 

Yang pertama dengan menggunakan cooling pad. Cooling pad dapat membantu mengeluarkan udara panas dari laptop. Jika cooling pad anda kotor, jangan lupa untuk membersihkannya agar tidak ada debu yang menempel pada laptop. Dengan cooling pad, anda bisa mengurangi suhu panas pada laptop sebesar 1 sampai 5 derajat. Bahkan tipe yang lebih canggih akan mempunyai kemampuan yang lebih untuk mengurangi panas. 

Nyalakan laptop dipermukaan keras

Cara yang kedua yaitu nyalakanlah laptop pada permukaan keras. Jangan menyalakan laptop di atas pangkuan anda ataupun di atas permukaan lunak seperti kasur, bantal, sofa dan sebagainya. Karena permukaan yang lunak dapat menghambat lubang sirkulasi udara laptop.

Bersihkan Kipas atau Heatsink

Cara mengatasi laptop cepat panas yang selanjutnya adalah dengan membersihkan komponen yang ada pada laptop. Komponen tersebut adalah prosessor, hardisk, baterai, VGA, adaptor dan kipas. Untuk poin terakhir, yang biasanya terjadi adalah kipas yang ada dalam laptop sudah kotor dan tertutup debu yang tebal. Hal tersebut mengakibatkan kipas tidak berputar dengan kencang. Bersihkan kipas tersebut dengan menggunakan kain atau kuas.

Ubah perfomance laptop anda 

Dengan mengurangi sedikit persentase konsumsi Processor maka dapat mengurangi panas yang dihasilkan sekitar 10-20 °C, dan tidak akan terlalu memperlambat kinjera laptop anda.

Langkahnya :

1. Buka Power Options dari ikon baterai yang biasanya ada di system tray sebelah kanan bawah, atau bisa lewat control panel . Sekarang buka menu berikut: Change Plan Settings – Change Advanced Power Settings. 

2. Selanjutnya pada windows yang muncul klik pada Processor Power management –> Maximum processor state, disini anda dapat mengatur settingan maksimum pada on battery plugged in. Tergantung pada kinerja sistem laptop anda, konfigurasi dan kebutuhan dapat disesuaikan menjadi 90% atau bahkan 80%.

3. Jika kinerja komputer masih lancar, maka dapat diturunkan ke 80%, maka masalah laptop overheat atau terlalu panas dapat dikurangi.

Mengganti Thermal Paste CPU 

Cara berikutnya yaitu dengan mengganti komponen yang mulai menunjukkan gejala kerusakan. Salah satunya adalah Thermal Paste CPU. Thermal Paste CPU adalah komponen dalam laptop yang berfungsi sebagai penghantar suhu panas pada GPU dan prosesor. Bila laptop tiba-tiba blank secara kontinyu saat beban tinggi, misalnya sedang digunakan untuk main game atau multi tasking, kemungkinan besar masalah terletak pada sistem pendinginannya. Seiring dengan lamanya penggunaan, thermal paste bisa mengalami “dried out” atau mengering. Kalau sudah begitu, tentu saja efektivitasnya pun menjadi berkurang sehingga panas terperangkap pada chip. Dengan cara ini mengharuskan anda untuk mengganti salah satu komponen yang sangat penting bagi laptop tersebut. Untuk lebih mudah anda bisa membawanya ke service laptop.

Baca juga : Laptop xiaomi mirip Macbook akan rilis dalam waktu dekat

Pengaturan Settingan Laptop 

Cara mengatasi laptop mudah panas selanjutnya dengan melakukan pengaturan LCD dengan pencahayaan yang minim, sehingga tidak akan menguras energi dan membuat laptop menjadi semakin panas. Lihatlah juga pengaturan pada BIOS. Selain mengandalkan pengaturan pada laptop, salah satu cara mengatasi laptop cepat panas yang anda bisa lakukan adalah dengan cara mendownload berbagai software yang dapat digunakan untuk setting power pada laptop. Misalnya saja adalah Speedfan, yang berfungsi untuk mengontrol suhu pada prosessor dan komponen lainnya.

Istirahatkan laptop anda

Apabila Anda seorang yang suka main game-game berat dengan laptop atau mengerjakan aplikasi berat semisal 3D max, autocad dsb maka jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat untuk laptop anda. Karena LCD dan komponen laptop lainnya sangat rentan dengan panas. 

Demikian panduan cara mengatasi laptop mudah panas yang ipoeng tawarkan, Memang hal-hal sepele seperti suhu laptop kadang terlupakan karena tingkat kesibukan penggunanya. Namun, dari hal sepele ini kadang masalah yang lebih besar sudah menanti. Berawal dari overheat, biasanya kerusakan-kerusakan selanjutnya akan mudah terjadi. baca juga tips dan trik lainnya yang tak kalah bermanfaat tentang Cara Aktivasi IDM Free dan Cara mudah upgrade Windows 10 gratis.

Post a Comment

0 Comments