Mengenal Jenis dan Fungsi Kabel UTP

Fungsi Kabel UTP Straight dan Cross - Halo sobat blogger, kembali lagi saya memposting artikel tentang jaringan, setelah sebelumnya saya menulis artikel tentang Mengenal Mikrotik dan Fungsinya. Mari kita berkenalan dengan kabel UTP. 

Baca Juga : Cara Agar Laptop Tidak Mudah Panas

Apa itu kabel UTP ?


Kabel UTP merupakan salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk membuat jaringan local (Local Area Network). UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair, yang berarti kabel pasangan terbelit (twisted pair) tanpa pelindung (unshielded). Fungsi lilitan ini berguna untuk eleminasi terhadap induksi dan kebocoran. Sebelumnya ada juga kabel STP (Shielded Twisted Pair) yang memiliki selubung pembungkus. 

kabel UTP dan STP

Kategori kabel UTP


Ada beberapa jenis kabel UTP berdasarkan kategori yang menunjukkan kualitas, jumlah  dan kerapatan lilitan pairnya. Semakin tinggi katagorinya semakin rapat pula lilitannya dan parameter lainnya, antara lain:
  • Kabel UTP Category 1 (Cat1). Untuk kategori ini digunakan untuk komunikasi telepon (mentransmisikan data kecepatan rendah), sehingga tidak cocock untuk mentransmisikan data.
  • Kabel UTP Category 2 (Cat2). Jenis kabel UTP ini mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 4 Mbps (Megabits per second).
  • Kabel UTP Category 3 (Cat3)Untuk kategori ini digunakan pada 10BaseT network dan mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1Mbps. 10BaseT kependekan dari 10 Mbps, Baseband, Twisted pair.
  • Kabel UTP Category 4 (Cat4). Kabel UTP dengan kategori ini sering digunakan pada topologi token ring dan mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 16 Mbps.Kabel UTP Category 5 (Cat5)Kabel UTP dengan kategori ini yang paling sering digunakan untuk jaringan komputer dan mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 100 Mbps.
  • Kabel UTP Category 5e (Cat5e). Untuk kategori ini mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai 100 MHz.
  • Kabel UTP Category 6 (Cat6)Untuk kategori ini mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai 200 MHz. Secara fisik terdapat separator yg terbuat dari plastik yang berfungsi memisahkan keempat pair di dalam kabel tersebut.
  • Kabel UTP Category 7 (Cat7). Jenis kabel premium yang sangat cocok sekali sebagai media yang high traffic berbagai macam aplikasi dalam 1 kabel (single cable). Maksimum data yang terkirim sampai 10 Gbit/detik, dengan frekuensi 1000 Mhz.
Adapun untuk pemasangan kabel UTP, terdapat 2 jenis pemasangan kabel UTP yang umum digunakan pada jaringan komputer terutama LAN, yaitu Kabel Straight dan Kabel Cross OverUntuk konektornya dapat menggunakan konektor RJ-45 atau RJ-11. 

Kabel Straight


Kabel Straight digunakan untuk koneksi antar perangkat yang berbeda jenis, seperti antara komputer ke switch, komputer ke hub/bridge, router ke switch, router ke bridge dsb. Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai sesuai standar TIA/EIA 368A, kombinasi warnanya dapat kita lihat pada gambar berikut :

kabel UTP straight

2. Kabel Cross Over

Kabel Cross Over diperuntukkan untuk koneksi peer to peer. Contoh penggunaan kabel cross over sebagai berikut :

kabel UTP cross
  1. Menghubungkan 2 buah komputer.
  2. Menghubungkan 2 buah switch.
  3. Menghubungkan 2 buah hub.
  4. Menghubungkan switch dengan hub.
  5. Menghubungkan komputer dengan router.
Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6. 

Artikel lain : Mengenal ArcGIS, Produk Software GIS

Namun menurut pengalaman saya, kabel Cross juga bisa dipakai untuk Straight dan selama ini tidak ada masalah dalam pemakaiannya maupun lalu lintas jaringan. 

Post a Comment

0 Comments