Apa itu Monetisasi Blog

Apa itu Monetisasi Blog - Halo sobat ipoeng, kembali lagi dengan artikel mencari receh dari blog. kali ini kita akan berkenalan dengan monetisasi blog.

Apa itu Monetisasi Blog

Apa itu Monetisasi blog ?


Monetisasi berasal dari bahasa English dan Indonesia atau Englonasia yang berarti merubah atau mengelola blog/web yang semula hanya sebagai wadah menulis dan berekspresi menjadi media untuk mencari uang. Kata monetisasi dipakai untuk menyatakan bahwa blog yang digunakan untuk mencari uang tampahan maupun utama. Cara yang dilakukan dapat bermacam-macam misalnya dengan menyediakan pemasangan iklan, mengikuti program PCC dan lain sebagainya.

Monetisasi blog dalam arti sederhana adalah sebuah blog yang difungsikan sedemikian rupa oleh si pemilik blog untuk dapat menghasilkan uang dan memposisikan mereka sebagai broker atau calo. Biasanya para blogger bekerja sama dengan perusahaan Adsense dan affiliasi.

Untuk memulai monetisasi ini para Blogger/pemilik web harus melakukan teknik SEO ( Search Engine Optimalization ) agar blognya berada di halaman pertama mesin pencari (Search Engine), lihat di artikel saya tentang Cara Optimasi SEO On Page dan Cara Optimasi SEO offpage. Selain itu lakukan promosi blog Anda agar traffic pengunjuk blog anda terus meningkat dan stabil.

Ada beberapa tips monetiasi blog, sebagai berikut :
  1. Pilih topik blog/web yang akan anda bangun, usahakan topik yang Anda pilih merupakan hal yang anda sukai karena Anda akan menulis dalam waktu yang cukup lama. Jika topik yang anda pilih bukan sebuah hal yang anda sukai maka otomatis Anda akan merasa cepat bosan dalam menjalaninya,
  2. Setelah anda yakin dengan topik yang akan anda angkat untuk blog Anda, lalu Anda bisa membuat blog dengan menggunakan Blogger dari Google  karena selain gratis, Blogger juga menyediakan fitur monetisasi siap pakai seperti Google Adsense.
  3. Mulailah menulis artikel yang baik dan SEO-Fiendly, anda bisa lihat di artikel saya tentang Tips Menulis Artikel yang Baik dan SEO-Friendly
  4. Untuk memaksimalkan pengunjung blog Anda, Anda harus rajin mempromosikan blog Anda kepada pengguna blog yang lain atau lewat bantuan Sosial Media.
  5. Jika langkah diatas sudah mulai Anda jalankan dengan rutin dan traffic pengunjung anda sudah banyak dan stabil, Anda bisa memilih model monetisasi apa yang cocok dengan topik blog Anda.
Berikut adalah blog yang mempunyai penghasilan terbesar di dunia :
  1. www.teacrunch.com, penghasilan Rp. 4 miliar – Rp. 8 miliar per bulan.
  2. www.mashable.com, penghasilan Rp. 4,6 miliar – Rp. 5 miliar per bulan.
  3. www.perezhilton.com, penghasilan Rp. 2 miliar – Rp. 4 miliar per bulan.
  4. www.smashingmagazine.com, penghasilan Rp. 1,5 miliar – Rp. 1,9 miliar per bulan.
  5. www.timothysykes.com, penghasilan Rp. 1,5 miliar – Rp. 1,8 miliar per bulan.
Tentunya anda ingin blog Anda blog diatas? Jangan pernah menyerah untuk mencoba.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Salam sukses monetisasi blog.

Post a Comment

0 Comments