Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog

Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog - Bagi anda sobat blogger, khususnya blogger pemula seperti saya, pastinya ingin agar blog yang kita miliki terindex dengan baik di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya guna meningkatkan pengunjung/traffick blog kita. Blog yang berada di halaman pertama mesin pencari pastinya akan kedatangan pengunjung/traffic yang melimpah. Inilah yang membuat para sobat blogger berlomba-lomba mengoptimasi SEO (Search Engine Optimazion).

Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog

Ada lebih dari 200 faktor SEO yang digunakan oleh algoritma hummingbird Google untuk menentukan peringkat suatu halaman/artikel blog pada peringkat halaman pencarian/penelusuran Google atau disebut SERP. Faktor SEO tersebut secara umum dibagi menjadi dua macam, yakni SEO On Page dan SEO Off Page. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara optimasi SEO On Page pada blog.

Baca juga : Cara optimasi blog dengan menambahkan artikel blog lain

Apa itu SEO On Page ?

Seo On Page adalah optimisasi yang dilakukan dari dalam situs web/blog anda dengan menambahkan keyword, title tags, deskripsi dan sebagainya guna meningkatkan kualitas dari konten tersebut sehingga dapat meningkatkan traffic pada blog/website anda. Lihat gambar dibawah ini :

Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog

Bagaimana Cara Optimasi SEO On Page ?

Ada beberapa cara optimasi SEO On Page antara lain :

1.) Gunakan Template yang SEO Friendly. Desain template blog memiliki keunggulan dan kelemahan. Contohnya, ada template yang tampilannya menarik namun dari faktor SEO bisa saja lemah, bisa pula sebaliknya. Oleh karenanya sebaiknya gunakanlah template blog yang SEO friendly. Saat ini ada banyak template blog yang SEO Friendly yang gratisan, anda bisa searching di google dengan keyword "template blog SEO friendly". Selanjutnya anda bisa cek responsive template blog yang telah anda gunakan, baca artikel saya : Cara mengetahui responsive template blog anda.

2.) Optimasi Keyword. Keyword atau kata kunci sangat diperhatikan oleh google. Peletakkan kata kunci pada setiap artikel dinilai sangat penting. Anda bisa meletakkan kata kunci pada 100 kata pertama pada artikel untuk mengindikasikan halama tersebut dianggap penting. Buat judul artikel yang berpeluang besar untuk dicari orang contohnya 2015, terbaik, paling lengkap, paling banyak dicari dan sebagainya.

3.) Optimasi Title Tags. Title Tags pertama kali akan di baca oleh robot pencarian.  Title Tags juga menjadi Kata Kunci utama pada blog kita, Title tag ini umumnya terletak di bawah <head>. kodenya yaitu :

<title>Isi dari title tag</title>

Yang terpenting adalah apa saja yang bisa anda isikan pada title tag ini. Diharapkan anda berhati-hati dalam mengisi title tag ini karena banyak praktisi SEO yang menganggap bahwa title tag adalah atribut onpage yang terpenting. Ibarat atribut kerajaan, maka title tag adalah mahkotanya.
Untuk title tag mempunyai kepadatan 70 karater saja, ini merupakan anjuran yang banyak disebut oleh beberapa master seo. Sebaiknya format dari isi title tag adalah:

- JUDUL ARTIKEL saja, atau
- JUDUL ARTIKEL - NAMA BLOG....
- Hindari struktur NAMA BLOG : JUDUL ARTIKEL.

4.) Optimasi Meta Description. Atribut yang ini juga tak kalah pentingnya dengan title tag, karena meta description merupakan cuplikan dari uraian title tag itu sendiri. pada atribut ini sletakkan kata kunci yang relevan dengan title atau judul blog anda karena meta description dan judul akan muncul di halaman SERP. Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:

- Panjangnya maksimal 150 karakter.
- Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali
- Mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal

Meta Description ini memegang poin tertinggi di <head> jadi jangan lewatkan optimasi on page yang satu ini.

5.) Optimasi SEO URL. URL atau disebut juga dengan link, akan berperan juga untuk muncul di SERP. URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel. Sebagai contohnya adalah seperti di bawah ini:

http://www.justicia.com/buku/komik/onepiece-episode-56.html

Jadi setiap bagian dengan jelas berisikan kata kunci yang jelas. Namun, masih banyak orang yang menyia-nyiakan URL dan membuat URL yang tidak jelas seperti di bawah ini....

http://www.contohsaja.com/t95673465/name.php?id=3232789q28a988

URL seperti di atas tidak mengandung keywords, dan benar-benar menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage. Dianjurkan juga untuk membuatnya jangan terlalu pendek, namun sesuaikan dengan tag judul

6.) Optimasi Judul Halaman. Judu halaman merupakan nama dari blog dan biasanya atribut ini ditandai dengan <h1>. Karena bagaimana pun juga <h1> haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik Dynamic Heading, di mana para pembuat blog berupaya agar halaman artikel mereka menampilkan judul artikel sebagai judul halaman.

Artikel lain : Panduan mengirim peta situs ke google webmaster

7.) Optimasi Judul Artikel. Judul artikel merupakan atribut  yang kedua setelah atribut judul halaman, Atribut ini biasanya ditandai dengan <h2> untuk blogger dan juga <h2> dipakai untuk judul sidebar. Judul halaman itu menggunakan <h1> sedangkan judul artikel itu <h2>. Jadi walaupun isinya sama, tetapi untuk setiap heading pemunculannya hanya sekali.

8.) Optimasi Sub Judul. Sub judul bisa dikatakan sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam memperkuat onpage, tag ini biasanya ditandai dengan <h3>. Jadi tidak ada salahnya membuat sub-sub judul dalam pembahasan untuk menegaskan relevansi dari topik pembahasan.

9.) Optimasi Cetak Tebal / Miring. Cetak tebal atau miring juga sangat penting dalam optimasi seo onpage karena atribut yang satu ini merupakan atribut untuk menekankan keyword biasanya robot taxt akan memperdulikan akan hal ini sebagai kata yang paling dibidik. Cukup pemunculan yang pertama saja yang dicetak tebal atau miring. Kalau terlalu berlebihan juga bisa menggangu pembaca dari halaman tersebut.

10.) Optimasi Alt Tag. Cara terbaik untuk memberitahu google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag, karena google dkk belum mengenali gambar. Semua platforn website sudah banyak yang mendunkung dengan atribut ini, silahkan optimalkan gambar kalian agar gambar postingan kalain bisa berada dipencarian.

Demikianlah Cara Optimasi SEO On Page pada blog, jangan lupa anda bisa maksimalkan teknik seo untuk blog anda dengan melakukan Optimasi SEO Off Page. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para sobat blogger.

Post a Comment

0 Comments