Cara Optimasi SEO Offpage Pada Blog

Cara Optimasi SEO Offpage Pada Blog

Cara Optimasi SEO Offpage Pada Blog - Sebelumnya saya telah membahas cara optimasi SEO On Page, nah pada kesempatan kali ini waktunya untuk mengulas tentang cara optimasi SEO Off Page. Namun, alangkah baiknya jika anda membaca artikel sebelumnya, sehingga pemahaman anda tentang optimasi SEO lebih menyeluruh.

Melakukan optimasi SEO Off Page itu sama seperti mempromosikan sebuah blog/web di situs lain agar dikenal dikalangan pengguna internet dan Search Engine. SEO Off page mengacu pada teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan posisi situs web di halaman hasil mesin pencari (SERPs). 

Sederhananya SEO Off Page adalah mencari backlink yang bukan dari lalu lintas atau dari SERPs atau dari search engine. Semakin banyak link back yang masuk ke blog anda semakin baik pula blog anda di mata mesin pencari. Lalu  bagaimana cara ampuh mendapatkan backlink berkualitas dengan optimasi SEO Offpage? berikut ini beberapa langkahnya yang saya rangkum dari berbagai sumber :
Cara Optimasi SEO Offpage Pada Blog
Social Media

Saat ini social media merupakan hal penting dalam SEO karena sangat di perhitungkan dalam mesin pencarian google dan termasuk dalam algoritma SEO mereka. Google beranggapan Facebook, Twitter atau Google Plus dkk merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia dan jika anda mendapatkan visitor yang masuk melalui social media maka google menganggap visitor anda tersebut merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan blog/web anda, bukan dari robot yang sering menyusup ke website. Jadi, perbanyaklah teman anda di social media karena semakin banyak teman anda di social media maka semakin pula kesempatan untuk mendatangkan visitor yang melimpah. 

Social Bookmark 

Dengan menggunakan social bookmark anda cukup untuk meninggalkan sebuah link yang mengarah ke situs anda, namun anda tidak cukup hanya meningalkan link begitu saja melainkan juga harus berinteraksi kepada sesama pengguna sosial bookmark tersebut, dengan begitu visitorpun akan berdatangan sendiri. Anda bisa menggunakan sosial bookmark yang popular antara lain Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit dan masih banyak yang lainya.

Forum 

Forum mungkin sangat familiar bagi anda dan merupakan salah satu media yang bisa digunakan dalam promosi blog. Forum merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic, salah satu caranya adalah anda post komentar pada thread yang ramai dan tinggalkan signature yang diberi link ke website anda. Perlu diperhatikan, thread harus sesuai dengan bahasan blog anda dan signature yang diberikan merupakan kata kunci yang anda pilih.

Article Directory 

Artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website anda ke berbagai orang atau pengguna dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website anda atau biasa disebut guest blogging atau link building. Cara ini adalah strategi SEO Off Page yang sangat efektif dan biasa saya lakukan untuk mendapatkan visitor.

Website Directory  

Cara selanjutnya yaitu dengan website directory. Dengan cara ini bisa berdampak besar pada traffic blog atau website anda, kadang pada website baru untuk berada di "page 1 google" sangat sulit dan dengan cara menginputkan website kita pada website directory bukan tidak mungkin kita akan menduduki halaman SERPs di halaman pertama karena sebagian website directory mempunyai pagerank yang tinggi dan traffic yang bagus.

Demikian ulasan saya tentang "Cara Optimasi SEO Offpage Pada Blog", semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan traffik blog anda. Jangan lupa untuk membaca artikel sebelumnya tentang "cara optimasi SEO On Page", agar pemahaman anda tentang optimasi SEO lebih sempurna.

Post a Comment

1 Comments

  1. Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

    Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
    7 Cara Jitu Agar Artikel Blog Terindex & Muncul di Halaman Pertama (Page One) Google
    Optimasi SEO On-Page dan Off-Page: Mudah dan Lengkap
    Idealnya, Berapa Banyak Posting Artikel Blog per Hari?
    12 FAKTOR Penyebab Blog Sepi Pengunjung

    Barangkali dapat membantu :)

    ReplyDelete