Pentingnya Membuat Blog Menjadi Mobile-Friendly

Pentingnya Membuat Blog Menjadi Mobile-Friendly - Seiring perkembangan dunia mobile atau handphone, smartphone, tablet dan sebagainya otomatis pengguna atau pembaca blog dari perangkat mobile semakin banyak. Menurut sumber, sebanyak 50% pencarian google adalah berasal dari mobile atau smartphone. Hal ini membuat google mengeluarkan algoritma terbarunya yaitu Google Mobilegeddon.

Pentingnya Membuat Blog Menjadi Mobile-Friendly

Google Mobilegeddon adalah algoritma google terbaru yang di luncurkan pada tanggal 21/04/2015 untuk mendeteksi sebuah web atau blog apakah sudah Mobile Friendly. Lalu apa itu Mobile Friendly dan apa pentingnya ?

Mobile Friendly adalah mengoptimalkan perangkat mobile agar dapat mendapatkan tampilan yang juga mendukung versi mobile dengan tampilan yang lebih kecil dan lebih ringan dari situs tersebut tanpa memperlambat waktu loading saat  membuka melalui ponsel. Dengan blog yang memeliki tampilan Mobile Fiendly maka otomatis pengunjung blog akan semakin ramai, inilah pentingnya membuat blog menjadi Mobile-Friendly, terlebih saat ini Google sudah resmi menampilkan label “Mobile-friendly” pada hasil pencarian di perangkat mobile.

Artikel lain : Cara membuat blog ramai pengunjung

Jika blog yang muncul di google pada pencarian melalui handphone dan tidak menampilkan label “Mobile-friendly” maka orang akan berfikir ulang untuk mengunjungi blog tersebut. Untuk mengecek apakah blog anda sudah mobile-friendly atau bisa masuk ke situs Mobile-Friendly Tes atau klik DISINI.

Lalu bagaimana cara membuat blog jadi Mobile-friendly?

Untuk pengguna blogger.com cukup aktifkan saja fitur template seluler yang ada di blogger. Langkahnya sebagai berikut :

1) Login ke blog anda.

2) Buka pengaturan dan kemudian klik Template, anda akan melihat pengaturan ponsel.

Pentingnya Membuat Blog Menjadi Mobile-Friendly

3) Klik pada Icon berbentuk roda "Pengaturan bawah Template Mobile".

Akan muncul tampilan Pop-up, klik "Ya, Tampilkan template seluler di perangkat seluler. Selesai, mudah bukan ?

Pentingnya Membuat Blog Menjadi Mobile-Friendly

Kekurangan dari fitur template seluler dari blogger adalah desain blog menjadi sangat sederhana dan kurang menarik jika diakses melalui perangkat mobile.

Jika anda ingin blog mobile-friendly tapi tetap terlihat keren, maka menggunakan desain responsive adalah cara lain yang dapat digunakan. Baca artikel cara mengetahui responsive template blog anda

Namun, merubah blog menjadi responsive tidaklah semudah mengaktifkan fitur template seluler yang barusan kita praktekkan di blogger. Jika template blog sobat saat ini belum memiliki desain yang responsive, maka hal paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti template yang sudah responsive.
Perlu di ingat ! Jangan sampai anda terlambat untuk menggunakan desain blog mobile-friendly dari agar pengunjung blog sobat semakin banyak, sayang sekali kan jika pengunjung blog anda pindah ke blog lain yang memiliki template mobile-friendly.

Demikian artikel "Pentingnya Membuat Blog Menjadi Mobile-Friendly", semoga blog anda semakin ramai pengunjung dengan memanfaatkan template Mobile-Friendly ini.